Monday, November 25, 2013

Teaching with Heart



Tuhan menciptakan setiap manusia sangat unik.

Setiap anak itu sungguh unik dan diciptakan untuk rencana Allah. Beberapa anak ingin memimpin dan yang lain ingin mengikuti. Beberapa anak membutuhkan banyak tuntunan, sementara yang lain tidak. 

Semua anak perlu dikasihi dan dididik…..

Sebagai homeschooling parents, ketika kita diperlengkapi untuk memahami, mengajar dan mendidik sesuai keunikan setiap anak, kita akan mampu memperlengkapi anak-anak kita sepenuhnya untuk menjadi seperti rencana Allah baginya.


Tujuannya adalah agar memenuhi misiNya dalam diri kita dan anak-anak kita !!

Tuhan telah memilih dan memberi kepercayaan kepada kita untuk mengajar anak-anak yang berharga ini.

Kita akan bisa mengajar  mereka  dengan HATI  jika kita menerima perbedaan mereka dan mengenali mereka sebagaimana diberikan Allah. Maka kita belajar menggunakan perbedaan mereka untuk membantu mereka belajar dan membantu kita secara efektif mengasihi sesuai cara Allah menciptakan anak-anak dan kemudian menyediakan cara-cara praktis untuk mendidik mereka menjadi pribadi yang sesuai dengan rencana Allah.



MENGASIHI :  memperlakukan dengan kasih sayang dan kelembutan, memandang berharga.

Mencakup :

kasih tanpa syarat, mengenali dan meneguhkan hal yang terbaik dalam diri setiap anak, mendorong mereka melalui watak kepribadian mereka untuk menjadi terbaik sesuai potensi mereka, menikmati mereka sebagaimana adanya karena Allah telah menciptakan mereka.



Jika orangtua terlalu mengasihi dan kurang mendidik, maka anak mungkin akan menjadi manja, tampak terlalu sensitive, berpusat pada diri sendiri, asyik dengan diri sendiri, tidak dapat melihat melampaui kebutuhannya sendiri untuk melihat kebutuhan orang lain, ingin dan berharap untuk mendapatkan sesuai caranya sendiri.



MENDIDIK : mendorong menggunakan kemampuan atau sumber daya seseorang sepenuhnya dengan usaha yang sulit tetapi menstimulasi, menyerap, membangkitkan iman.

Mencakup :

mendidik kepada dan melalui potensi yang diberikan Allah kepada setiap anak, merentang pemahaman mereka tentang kemampuan mereka sendiri, menaruh tinggi tongkat standar untuk kekudusan dan penghargaan kita sebagai anggota keluarga Allah, memampukan mereka untuk mencapa potensi mereka secara maksimal.



Jika orangtua terlalu mendidik dan kurang mengasihi, maka anak cenderung menjadi takut, tidak aman, introvert secara ekstrim atau ekstrovert secara tidak tepat, tidak mampu minta maaf jika salah, memiliki prilaku cenderung menindas.



Sebagai orangtua, kita perlu mendidik anak-anak untuk mencapai potensi mereka secara maksimal bagi Yesus dan melakukan hal ini dalam konteks karunia dan kualitas yang telah dikaruniakan Tuhan secara limpah kepada masing-masing anak. Kita juga sangat perlu mendidik  anak-anak untuk mencapai level keunggulan rohani yang lebih tinggi di tengah-tengah kejatuhan dunia ini.



Kita harus seimbang dalam mendidik dan mengasihi !!



(Sumber : Teaching with Heart - Jody Capehart)

No comments:

Post a Comment